Apa Saja Khasiat Minyak Esensial?

Minyak esensial merupakan minyak yang dihasilkan dari penyulingan bunga, tanaman, kayu, akar, bahkan biji buah. Minyak yang satu ini biasanya digunakan sebagai aromatherapy yaitu untuk menenangkan pikiran atau relaksasi. Namun ternyata minyak esensial juga bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit.

Minyak esensial tidak bisa disamakan seperti minyak pada umumnya. Minyak esensial tidak mengandung asam lemak. Jadi, komponen yang ada pada minyak ini benar-benar murni langsung dari sumbernya. Anda bisa mengaplikasikan minyak esensial dengan cara dihirup ataupun dioleskan ke kulit Anda secara langsung.

Manfaat Minyak Esensial yang Luar Biasa

Berikut ini kami berikan beberapa penjelasan tentang manfaat dari minyak esensial yang bisa Anda temukan di toko obat.

  1. Minyak esensial lemon

Minyak esensial lemon mempunyai manfaat untuk memperbaiki suasana hati. Bagi Anda yang sedang stres atau mengalami gejala depresi maka sebaiknya gunakan minyak esensial lemon. Bahkan jika Anda menggunakan minyak esensial lemon, maka Anda tidak perlu menggunakan antidepresan. Penelitian membuktikan bahwa aroma yang dihasilkan oleh minyak esensial lemon ini bisa meningkatkan mood seseorang sehingga lebih bahagia, lebih konsentrasi, dan lebih fokus. Selain itu, minyak esensial lemon juga berguna untuk menghilangkan jerawat dan mengeluarkan racun pada tubuh Anda.

  1. Peppermint

Manfaat utama dari minyak esensial peppermint adalah untuk mengobati rasa mual, pusing, kram perut, dan juga diare. Minyak esensial yang satu ini mempunyai senyawa yang sangat bermanfaat bagi otot-otot pencernaan Anda agar tidak tegang. Selan itu, minyak esensial peppermint juga bisa meningkatkan stamina dan energi pada tubuh.

  1. Lavender

Minyak esensial lavender sangat terkenal akan manfaatnya untuk mengatasi masalah tidur. Jadi, bagi Anda yang sering tidak bisa tidur, maka minyak esensial inilah jawabannya. Selain mengatasi masalah tidur, minyak esensial lavender pun juga bisa mengurangi hormon kortisol yang menyebabkan stres. Bisa dibilang bahwa minyak esensial lavender adalah minyak esensial yang serbaguna. Aroma lembut bunga lavender bisa meningkatkan gelombang alfa pada otak Anda yang mana akan sangat membantu untuk relaksasi agar bisa tidur lebih nyenyak. Bagi wanita yang sering mengalami PMS tiap bulannya pun juga bisa terbantu dengan minyak esensial lavender. Gejala PMS pun bisa diobati dengan cara mengoleskan minyak esensial ini pada perut Anda sambil dipijat dengan lembut.

  1. Minyak kayu putih

Minyak esensial yang satu ini tentu saja sudah tidak asing lagi. Bahkan diantara semua jenis minyak esensial diatas, minyak kayu putih adalah minyak esensial yang paling sering dipakai. Bagi Anda yang sedang sakit pilek dan flu maka coba hirup minyak kayu putih ini. Maka lama kelamaan sakit pilek dan flu Anda akan hilang, begitu juga dengan hidung tersumbat.

Masih banyak lagi minyak esensial yang bisa Anda temukan dan gunakan manfaatnya.