4 Tips Memilih Suplemen Vitamin

Suplemen vitamin terkadang diperlukan agar badan Anda tetap fit untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Jika memang Anda ingin mengonsumsi suplemen vitamin, maka ada beberapa tips yang perlu Anda ikuti dalam memilih suplemen vitamin yang baik untuk tubuh Anda.

Jika Anda mengunjungi apotek atau toko obat lainnya, maka Anda akan menemukan bahwa ada banyak sekali suplemen vitamin yang dijual di pasaran. Jadi, bagaimana caranya agar Anda bisa mendapatkan suplemen vitamin yang cocok dan baik untuk tubuh Anda?

Cara Memilih Suplemen Vitamin yang Tepat untuk Tubuh

Cara yang baik untuk mendapatkan suplemen vitamin yang tepat untuk tubuh Anda adalah dengan menjawab keempat pertanyaan di bawah ini.

  1. Apa itu suplemen vitamin?

Suplemen vitamin adalah senyawa yang diperlukan untuk tubuh agar bisa mencegah penuaan dini, memperbaiki sel yang rusak, serta mengatur fungsi metabolisme pada tubuh. Jika Anda kekurangan vitamin, maka daya tahan tubuh Anda akan melemah. Suplemen vitamin dibutuhkan jika Anda sedang kekurangan vitamin dari makanan sehari-hari. Jadi, suplemen vitamin mirip seperti asupan nutrisi tambahan.

  1. Siapa yang membutuhkan suplemen vitamin?

Pertama-tama tanyakan kepada diri sendiri terlebih dahulu, siapa saja yang harus mengonsumsi suplemen vitamin. Perlu diketahui bahwa tanpa sadar orang-orang mengalami kurang gizi. Meskipun gejalanya tidak terlihat dengan jelas, tapi jika tidak segera diatasi maka hal ini bisa membuat fungsi tubuh menjadi terhambat. Bahkan bisa mengalami berbagai jenis penyakit jika dibiarkan begitu saja. Ada beberapa kelompok orang yang memiliki risiko tinggi mengalami kurang gizi seperti lansia, ibu hamil dan menyusui. serta orang yang sedang melakukan diet ketat. Karena itulah tanyakan apakah benar Anda butuh suplemen vitamin atau mungkin orang lain yang membutuhkannya?

  1. Suplemen vitamin yang mana yang harus Anda konsumsi?

Vitamin terdiri dari berbagai jenis yaitu vitamin A, B, C, D, E, dan K. Bahkan vitamin B pun masih dibagi lagi. Tiap vitamin tentu saja mempunyai kegunaannya masing-masing. Karena itulah pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan konsumsi suplemen vitamin berlebihan karena justru bisa membahayakan badan Anda. Jadi, jika Anda ingin merasa lebih fit, maka Anda bisa pilih vitamin C. Jika Anda ingin merawat kesehatan kulit, Anda bisa pilih vitamin E. Jika Anda ingin menjaga kesehatan tulang dan gigi, maka Anda bisa memilih vitamin D. Begitu pula dengan vitamin yang lain. Semua sudah ada fungsinya masing-masing.

  1. Berapa dosis yang diperlukan?

Sebenarnya Anda sudah mendapatkan vitamin dari makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Jadi, penggunaan suplemen vitamin juga tidak perlu yang berlebihan. Ikuti saja aturan yang tertera pada labelnya. Biasanya suplemen vitamin hanya dikonsumsi sehari sekali saja. Jika mengonsumsi berlebihan maka bisa mengalami keracunan.